Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Blog Gratis dan Mudah Untuk Pemula di Blogger (2020)

Cara Mudah Membuat blog gratis di blogger.com/Blogspot.com 2017-Memahami dari segala konten tutorial membuat blog gratis dan mudah, saya agak tersentuh untuk membuatnya lagi dalam bahasa yang enak dan mudah di pahami, meskipun sudah banyak dari situs lain yang membahas tema ini, tapi kebanyakan tutorial sudah kadaluarsa alias ketinggalan jaman. Ada tutorial yang dari 2008, 2009 dan 2010, meskipun dalam segi konten benar tapi anda harus tahu bahwa situs Blogger.com setiap tahun selalu update website, entah itu dari segi navigasi, tampilan, bahkan konsep. Maka dari itu jangan heran jika saat anda mendaftar blogger pada 2017 akan ada perbedaan step ketika anda menggunakan tutorial di tahun bawahnya.

Tapi jika anda menggunakan tutorial ini, Insyaallah akan sama dengan apa yang anda praktekan, karena tutorial ini saya buat khusus untuk saudara-saudaraku yang ingin mulai ngeblog pada tahun ini. Maaf kebanyakan omong:-)

Oke langsung saja jika anda memang tertarik mendaftar blog gratis di blogger silahkan ikuti tutorial bergambar di bawah ini :

Siapkan Gmail

Karena mendaftar blog harus punya akun Gmail alangkah baiknya jika anda siapkan dulu akun Gmail anda, jika belumpunya, silakan kunjungi untuk mendaftar,  https://mail.google.com.
Kalau sudah punya silakan ikuti langkah berkutnya.

Kunjungi Blogger.com

Setelah akun sudah siap, kunjungi https://www.blogger.com/about/?r=1-null_user, untuk mulai mendaftarkan diri di blogger. Lihat gambar di bawah, setelah anda kunjungi url di atas, maka akan muncul menu utama pada blogger, silakan anda pilih CREATE YOUR BLOG.

lankah pertama klik create your blog untuk mendaftar di blogger

Masukkan Akun Gmail

Nah setelah anda klik Create Your Blog, anda akan di alihkan ke halaman login, silahkan isi dengan akun Gmail anda, masukkan Email & password, setelah itu pilih masuk.

Login Gmail untuk memulai mendaftar blogger

Mulai Membuat Blog

Setelah berhasil masuk, silakan anda pilih buat blog, lalu akan mucul seperti gambar di bawah ini:

Masukkan Title Blog, ALAMAT BLG, DAN PILIH TEMPLATE BLOG

Keterangan
Kolom judul : Silakan masukkan titel/judul blog yang anda inginkan, usahakan judul yang mudah di hafal dan di baca
Alamat Blog : Silakan isi dengan alamat blog anda, gunakan judul anda sebagai alamat, agar bisa memudahkan pengunjung ketika ingin mengunjungi blog anda.
Template : Untuk sementara, saya rokemendasikan untuk pilih Template yang sederhana, (untuk sementara waktu), nanti kedepannya Insyaallah saya akan membuat artikel tentang bagaimana cara merubah template blog 2017.

Jangan Lupa klik BUAT BLOG

Pengenalan Menu Dashboard Blogger

Setelah anda berhasil membuat blog, anda akan di alihkan ke menu dashboard. Apa sih Dashboard itu? Dashboard adalah tempat anda mengelola blog, mulai dari konten, statistik, tampilan, tat letak bahkan hingga penghasilan.
Oke jika masih bingung saya akan jelaskan Tools-tools dasar pada Dashboard.

Penjelasan Tools dasar pada menu dashboard blogger

1 : Daftar Blog
2 : Tombol untuk melihat tampilan blog
3 : Pos/ konten yang diterbitkan, akan masuk kedalam menu pos
4 : Statistik, untuk melihat berapa visitor/pengunjung perhari, bulan, setiap waktu.
5 : Komentar, Daftar komentar dari pengunjung.
5 : Kampanye, untuk mengpromosikan blog anda ke public lewat layanan Google
6 : Tata letak, untuk mengatur posisi Widget Blog.
7 : Template, untuk mengatur tema/tampilan blog
8 : Setelan, tempat mengatur segala sesuatu yang ada kaitanya dengan blog, mulai dari mengganti alamat, bahasa, diskripsi blog dan masih banyak lagi.

Mungkin secara singkatnya begitu, pada dasarnya masih banyak sekali hal-hal yang akan anda lakukan kedepan untuk mengembangkan blog , tapi saran saya jangan terburu-buru, silakan anda fokuskan diri ke konten blog, paling tidak selama 2-3 bulan. Setelah masuk ke bulan 4 silakan anda lakukan beberapa pengembangan untuk blog. Jika memang anda ingin berkarir di dunia blogger saya rekemendasikan untuk mendaftarkan blog anda ke Google Adsense.

Nah bagaimana? Cukup mudah bukan Cara membuat blog gratis untuk pemula di Blogger 2017, Untuk langkah-langkah selanjutnya saya akan membuat tutorial di artikel berikutnya. Jika sobat punya saran, kritikan atau mungkin masih kebingungan dalam memahami tutorial saya, silakan curhat di komentar, Insyaallah jika saya tahu, saya siap berbagi ilmu dengan anda. Semoga artikel ini membantu! :-)

3 comments for "Cara Membuat Blog Gratis dan Mudah Untuk Pemula di Blogger (2020)"

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  2. ini sangat bermanfaat bagi saya, kebetulan saya masih newbie. Makasih ilmunya

    ReplyDelete