ALGOFIXS

Tutorial Blogger

Cara Membangkitkan Semangat Blogging/Ngeblog


Cara Membangkitkan Semangat Blogging-Topik yang mungkin akan Algofixs bahas secara perasaan.

Menyusutnya semangat Blogger merupakan penyakit yang tidak asing, penyakit ini tidak pandang bulu, umur bahkan usia, siapa saja bisa kena.
Jika anda beralasan capek, lelah, banyak kerjaan, nggakada waktu, dan apalah, saya harap anda langsung close tab blog ini.

Mungkin singkatnya, akan muncul beberapa pertanyaan:
Jika anda salah satu pembaca yang mengalami gangguan mental seperti pertanyaan di atas, mari kita renungkan bersama-sama apa yang akan saya tulis di bawah ini. Tapi sebelumnya, alangkah baiknya jika sobat mencari tempat yang sunyi dari suara brisik agar anda bisa fokus menelaah dan memahami apa yang akan saya bagikan.

Oke pembahasan pertama

Kenapa Seorang Blogger yang Awalnya Semngat Lama-kelamaan Menjadi Jenu/Bosan?

Cara Membangkitkan Semangat Blogging/Ngeblog

Segala sesuatu jika kita melakukannya secara terus menerus pasti akan menemukan titik jenu, "pasti".
Tidak ada sejarahnya seseorang yang selalu semangat dalam melakukan apa pun. Meskipun itu hal yang paling kita suka.

Fakta-nya, hal yang kita suka jika kita melakukannya secara terus menerus lama kelamaan juga akan bosan. Benar?

Contoh:
Ada seseorang yang suka dengan Bakso, tapi jika seseorang tersebut ternyata juga menjual Bakso apakah orang itu selalu makan bakso?
Jawabannya "tidak".
Mesikup dia suka Bakso  pada akhirnya dia akan "jenu" karena kesehariannya membuat Bakso dan menjual Bakso.
Bisa di mengerti?
Begitu juga dengan seorang Blogger, meski dia sangat suka ngeblog, belum tentu dia juga selalu ngeblog, karena pada akhirnya dia juga akan bertemu dengan yang namanya titik jenu.

Mungkin alasan sederhana saya bisa menjawab soal yang pertama.

Oke lanjut yang kedua

Lalu Apasih Penyebab Bosan Ngeblog?

 
Cara Membangkitkan Semangat Blogging/Ngeblog

Berhubung yang kita bahas mengenai lingkup Blogging, maka dari itu mari kita sama-sama merenungi beberapa hal di bawah ini:

Pertimbangan Yang kurang Matang

Izinkan saya untuk memaki-maki orang yang terkena pada poin ini.
Apa kalian saat awal-awal terjun ke dunia blog merasa sangat bersemangat?

"Ya, saya sangat semangat, karena saya tertarik untuk menghasilkan uang dari blog"
"Semangat sih, mungkin karena saya kepingin jadi jutawan seperti mastah-mastah blogger lainnya"
"Semangat, kan jadi blogger enak, kerjanya cuma di depan komputer, lalu tinggal tulis, jadi deh Dollarnya"

Jika tujuan anda terjun di dunia blogger hanya untuk bernaluri seperi jawaban-jawaban di atas, saya sarankan untuk cabut dari dunia blogger.
Woi!!
Jangan membandingkan definisi alur blogger pro dengan kita-kita yang merupakan newbie..

Simak alur di bawah,

Alur Blogger Pro
  1. Membuat sebuah konten yang berkualitas dengan tujuan membantu pengunjung untuk memecahkan masalahnya.
  2. Berusaha dengan tekun dan fokus mengkonsistenkan prinsip saling membantu yang menghasilkan sebuah peluang.
  3. Memiliki timbal balik dengan hasil simpatik pengunjung.
  4. Setelah layak berjasa, mencoba menjadikan aktivitas blogging menjadi alternatif mencari penghasilan.
  5. Mendapatkan penghasilan dari apresiasi pengunjung yang merasa terbantu dan puas.
Alur Blogger Newbie
  1. Mendapatkan motivasi dan dorongan diri sendiri untuk terjun ke dunia blogger
  2. Memiliki sebuah konsisten untuk berlatih dan terus berlatih demi mencapai kemampuan membuat sebuah isi yang berbobot dan berkualitas.
  3. Rajin dan ter jadwal
  4. Mencari simpatik dan mengenalkan Brand kita ke dunia maya.
Alur tersebut belum tentu 100% Real, tapi saya sangat berusaha mencari sebuah definisi yang realistis. Sob, begitu banyak blogger di dunia ini, tapi apakah anda tahu, banyak dari mereka yang kurang realistis dan ingin mencari sesuatu dengan konsep yang instan.

Alur Blogger Kacau
  1. Tergiur dengan penghasilan ratusan juta dari para master-master blogger.
  2. Mencoba membuat peluang dengan terjun ke dunia blogger.
  3. Setelah kehabisan konten, mencoba dan membuat sebuah kelicikan dengan mencuri .......?........di blog lain.
  4. Setelah "Merasa" Blognya layak, dia berani mendaftarkan diri ke situs penyedia iklan.
  5. Setelah di tolak, dia akan setres dan memilih jalan hidupnya lagi.
Kesimpulannya
Sebelum anda mencoba mempelajari lebih lanjut dunia blogging, alangkah baiknya jika anda merubah pola pikir yang kejauhan dalam menjangkaunya.
Cobalah realistis, kita tanya kepada diri kita sendiri "Siapa aku sebenarnya?"  Jika jawaban anda menilai bahwa diri anda masih terhitung "baru" dalam dunia blogger, tidak ada salahnya jika sobat mengikuti alur blogger pemula.

Meremehkan Sebuah Kualitas

Biasanya seseorang yang meremehkan kualitas kontennya sendiri itu sama saja dia melakukan hal yang tidak produktif, atau dalam bahasa kerennya membuang-buang umur.

Sebaliknya, seorang blogger jika memperhatikan kontennya akan mendapatkan nilai yang plus-plus.

Perlu bukti?
Kita ambil Contoh sederhana yang realistis,
Kang bob adalah penjual kopi, ketika ada pembeli, ia selalu memberikan kopi yang berkualitas dan memiliki aroma yang khas.
Tanpa di sadari kang bob sebenarnya telah membuat pengunjung itu puas dan tertarik pada kopinya.
Dan tanpa di sadari juga, para pengunjung yang puas tadi merekomendasikan warung kopi masbob untuk nongkrong setiap hari dengan teman-temannya sehabis kerja.
Bukannya itu nilai plus buat anda?
Ingat, "berkualitas"

Mungkin dua alasan tadi sudah mewakili sebab-sebab kita kehilangan semangat ngeblog, mari kita lanjut ke pertanyaan yang terakhir.

Bagaimana cara membangkitkan semangat Ngeblog kita? 

Jika kita membahas tentang pertanyaan di atas,  jawaban saya adalah "tergantung kalian masing-masing".
Karena saya menyadari bahwa kita memiliki cara yang berbeda-beda untuk menghilangkan masalah yang satu ini. Tapi berhubung anda jauh-jauh mampir ke blog yang sederhana ini, saya akan bagikan cara-cara membangkitkan semangat ngeblog ala Algofixs.

Mengingat Tujuan Awal

Hal yang paling utama untuk membangkitkan semangat ngeblog adalah ingat tujuan awal, dengan mengingat tujuan awal, secara tidak sadar ada sebuah emosi mental yang mendorong anda untuk semangat lagi seperti awal-awalnya ketika terjun ke dunia blogger. Cobalah!.
Melakukan aktifitas yang membuat fikiran fresh
Refreshing bukan berarti harus pergi kesuatu tempat yang indah, refreshing disini mungkin bisa di artikan sebagi melakukan kegiatan yang membuat kita bahagia dan senang.
Jika mau, saya akan sarankan beberapa kegiatan yang membuat kita bahagia:
  • Bermain Game.
  • Nonton film dengan pacar.
  • Rekreasi ke alam.
  • Ngliatin  foto mantan sambil membayangkan masa lalu.
  • Membuka gudang dan mencari-cari buku memori kenang-kenangan semasa sekolah.
  • dll.

Baca biografi-biografi orang sukses

Untuk yang satu ini saya sering melakukannya. Jujur ada beberapa dampak baik setelah saya mempelajari beografi orang-orang sukses:
  • Meningkatkan percaya diri
  • Tujuan hidup lebih ter arah
  • Memiliki dan meniru prinsip-prinsip orang sukses
  • dan masih banyak lagi.

Mungkin cukup sekian pembahasan mengenai Cara Membangkitkan Semangat Blogging, jika masih ada keluhan dan protes, silakan maki-maki saya di kolom komentar. Semoga artikel sederhana saya ini bermanfaat untuk anda.






good info..jadi nambah semangat nih gan

Infonya menarik nih buat para blogger baru, semoga bisa nambah semangat mereka setelah membaca artikel ini

Ngeblog emang membosankan, buang-buang waktu. Kira-kira apa saja yang harus dilakukan jika suntuk ngeblog dengan alasan trafik blog yang tidak kunjung meningkat sob. Selebihnya sudah cukup jelaslah.

ane ngeblog karna hobi dan karna tugas dari trening, tapi tujuan ngeblog itu pasti bisa dapet penghasilan

semoga saya tetap istiqomah menulis di blog saya, aminnn

jangan lupa libur dulu ngeblog..1 hari sja.. biar fresh lg fikirannya..

Ya kembali ke niat awal. Setelah stress 3x ditolak GA, saya balik ingat tujuan awal. Menulis.

Kalau saya ngeblog untuk pemasaran iklan jasa online gan.
Sedot wc surabaya ud damai jaya.

mantap infonya gan, memang susah ni jaga semangat buat blogging pasti ada males nya.

Jaga semangat ngeblog memang susah apalagi kalo lagi ga ada ide.

buat ane yg freelance gk akan bosen dong, karena ide bisa dapat dimana saja

kalo ane semakin semangat ngeblog karena udah di terima adsense gan sebelum di terima ane males"an :D

mantap gan tipsnya, dan makasih motivasinya