Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara (Lengakap) Merubah dan Memodifikasi Template Blogspot Agar Lebih Menarik

Cara Merubah Menu Dari Template Blogspot Hasil Download 2017-Setelah saya membahas mengenai Cara Mengganti Template Blogspot Dengan Template Sendiri.
Pada pertemuan kali ini saya akan berbagi tutorial blogger lanjutan dengan topik Cara Merubah Menu Dari Template Blogspot. Setelah mengganti Template blog anda dengan template hasil download, pada umumnya hasil  tampilan menu template masih dengan format defalut. atau dalam istilah mudahnya masih bawaan dari si pembuat template.

Mengganti Menu Navigasi

Maka dari itu, kita perlu mengedit/memodifikasi Template Blog Agar bisa membagi-bagi navigasi dan tata letak sesuai dengan format yang kita inginkan.
Nah, mari kita bahas bersama Cara mengedit/memodifikasi Template Blog:

Pertama, Siapkan Rancangan Navigasi

Untuk poin yang satu ini bukanlah suatu hal yang rumit, kita cukup mencatat beberapa rancangan navigasi guna menjadi panduan kita dalam memodifikasi/merobak template blog. Jika memang hal ini "menurut anda kurang penting" silakan tinggalkan step yang satu ini, tapi saya punya alasan kenapa menyarankan untuk membuat rancangan, Alasan saya begini :
Untuk membuat blog yang bagus kita harus fikirkan dengan matang apa saja yang akan kita suguhkan pada pengunjung di blog kita. Sekali lagi "fikirkan" bagaimana konsep yang harus saya buat AGAR pengunjung nyaman dan betah di blog kita.
Maka dari itu membuat rancangan sangatlah penting meskipun tidak sulit.

Kedua, Ikuti Langkah-Langkah di Bawah ini

  • Masuk ke Blogger anda
  • Pada menu Dashboard Pilih Template
  • Klik Edit HTML/JavaScript
Kali ini saya akan mengedit dan memodifikasi template Brosense karya dari Mas Sugeng. Lihat gambar di bawah:
Pada tampilan defalut, terlihat disana masih dengan menu dan header yang setandard.

Cara (Lengakap) Merubah dan Memodifikasi Template Blogspot Agar Lebih Menarik

Mengganti Menu Navigasi

Tadi anda sudah masuk pada Edit HTML/JavaScrpit, sekarang tekan Ctrl+f ketik menu 1 pada kotak find, (Untuk pengisian kolom, anda sesuaikan dengan tulisan navigasi template anda, contoh template di atas memiliki navigasi menu 1, menu 2, menu 3) Lalu tekan Enter

Cara (Lengakap) Merubah dan Memodifikasi Template Blogspot Agar Lebih Menarik
Nah setelah ketemu, silakan ganti tulisan-tulisan navigasi defalut sesuai yang anda ainginkan. Lihat gambar di bawah:

Keterangan :
Ganti menu dengan nama navigasi yang anda inginkan, dan isilah sub menu sebagai turunannya.
Contoh : TEKNOLOGI ->Turunannya =SmartPhone, Laptop, PC dan lain-lain.
Nah untuk mengimput alamat navigasinya, anda bisa mengganti tanda # (di samping Href =) denga URL navigasi anda sendiri. INGAT YANG DI GANTI CUMA TANDA # SAJA!.

Klik Save

Bagaimana? Mudah bukan cara Merubah Menu Navigasi Template Blogspot, Sebenarnya masih banyak lagi yang harus saya sampaikan pada topik Cara (Lengakap) Merubah dan Memodifikasi Template Blogspot Agar Lebih Menarik, tapi berhubung banyaknya cabang topik ini, saya putuskan untuk membahas cabang-percabang dengan membentuk konten-konten berikutnya. Semoga artikel singkat ini membantu anda, jika ada pertanyaan silakan tinggalkan komentar di bawah. Selamat mencoba!

Post a Comment for "Cara (Lengakap) Merubah dan Memodifikasi Template Blogspot Agar Lebih Menarik"