Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

9 Tips Setting Keywords Berkualitas Untuk SEO

Keywords atau dalam bahasa kita disebut  kata kunci merupakan salah satu unsur yang sangat berpengaruh dalam pengoptimasian blog/website .  Jika sobat tidak memiliki strategi dalam penulisan keywords maka jangan heran jika pengunjung blog/website sobat hanya beberapa ekor.

 

Keywords juga memiliki bagian dan sub-sub tersendiri seperti yang saya akan bahas di bawah, sobat harus cermat dalam memilih sebuah keywords, dalam pengoptimasian kita tidak di anjurkan untuk memadukan beberapa keywords yang hits menjadi sebuah kalimat yang tampak aneh, kita cukup memilih beberapa kata kunci saja yang memang sangat berprioritas untuk mewakili keterkaitanya dengan konten sobat. 
Paling tidak standard ukuran keywords adalah Hindari pengunjung  :
  • Merasa tertipu dengan judul konten.
  • Menilai blog/wbsite sobat tidak berkualitas .
  • Merasa Tidak mendapatkan kepuasan setelah membaca konten.
Rancangan di bawah ini merupakan poin-poin tertentu yang harus sobat ketahui dalam membangun keywords SEO yang bagus.

1. KEYWORDS dalam <Title> tag
Keywords ini merupakan salah satu faktor yang paling penting, why? Karena apa yang sobat tulis pada <Title> tag, berfungsi sebagai judul halaman sobat pada hasil  pencarian.
Adapun penulisan <Title> tag harus jelas dan singkat (Maksimal 6-7 kata) Dan kata kunci harus sesuai dengan isi konten.

2. KEYWORDS dalam URL
Kata kunci dalam URL juga berperan penting dalam tehnik SEO. Contoh : Http://Situsmu.com/layanan-seo.hatml, di dalam kata "layanan seo" memiliki sebuah frase kata kunci yang berdampak pada terindexsnya  keywords di mesin pencarian.

3. KEYWORDS di Anchor Text
Keywords ini juga penting, terutama untuk anchor text Inbound Link, Kurang lebihnya begini sob, jika sobat memiliki kata kunci dalam anchor text dari situs lain itu berarti sobat sudah memiliki backlink pada situs tadi yang berdampak pada kenaikan Optimasi dan Traffic situs sobat.

4. KEYWORD dalam Header (<H1>, <H2>, dll)

Satu faktor lagi untuk sobat dalam melakukan tehnik Header tag (H1, H2 dan seterusnya), sebenernya yang harus sobat lakukan cukup simpel, yaitu mengulang keywords judul pada awal konten dan akhir konten. Namun berhati-hatilah bahwa halaman konten sobat juga memiliki sebuah kata kunci tertentu, jadi ketika membuat konten usahakan memilih diksi yang pas, jangan keluar dari isi konten.

5. KEYWORDS dalam <alt> tag
Pengunjung biasannya akan melihat sekilas gambar yang anda pasang pada konten sobat, maka dari itu pemasangan keywords pada <alt> tag sangtlah perlu, berikan beberapa kata kunci tentang gambar yang anda pasang, tapi hal yang harus sobat ingat yaitu pemasangan keywords pada <alt> tag harus singkat, padat dan menarik.

6. KEYWORDS dalam <meta> tag
Meski keywords ini kurang begitu penting, terutama untuk Google. Yahoo! dan Bing. Tidak ada salahnya jika sobat ingin mengoptimalkan tag ini. jika memang sobat lakukan maka pihak Yahoo! dan Bing akan memberikan nilai plus pada situs sobat.

7. KEYWORDS Proximity (kedekatan kata kunci)
Keywords proximity, dalam penulisan konten usahakan ulangilah beberapa keywords utama dengan menggunakan kata-kata yang beda tapi masih memiliki arti yang sama. Contoh : tehnik seo pada blog = cara bermain seo pada  blog = tips optimasi mesin pencarian pada blog dll.

8. KEYWORDS Frase
Sobat bisa mengoptimalkan keywords frase dengan cara memilih kata-kata yang populer pada mesin pencarian, sobat bisa menggunakan jasa layanan pemilihan keywords seperti Google Addwords dll.
Atau mungkin anda bisa menggabungkan beberapa frasa yang populer untuk judul sobat tapi dalam tanda kutib "judul padat singkat dan tidak berlebih-lebihan".

9. KEYWORDS Sekunder

Mengoptimalkan keywords sekunder dapat menjadi tambang emas bagi sobat. Kok bisa? ya bisa saja, contoh: ketika orang lain mengoptimasi judulnya dengan key " Tips mendaftar di google adsense". Untuk judul tersebut paling paling akan memiliki hits/ tingkat kepopuleran standard, tapi jika kita menambahkan key sekunder(terbaru misal) "Tips mendaftar di google adsense terbaru"  kemungkinan besar sobat bisa mendapatkan hits yang jauh lebih baik dari pada keywords yang  awal.

Mungkin sampai disini dulu pembahasan kita, semoga apa yang saya sampaikan bisa menambah wawasan sobat semua.
Dan yang terakhir jika sobat telah melakukan tehnik keywords di atas, jangan lupa melakukan evaluasi lagi pada situs sobat, karena hal di atas bukanlah sebuah pemecahan  Optimasi yang sempurna, melainkan sebuah sebagian tehnik saja untuk optimasi SEO. Perlu anda ketahui sob, tehnik SEO yang sebenarnya adalah "Kulaitas".

1 comment for "9 Tips Setting Keywords Berkualitas Untuk SEO"