Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Menjawab Pertanyaan Question Hub Seputar "Blogger" Part 2

https://algofixs.blogspot.com/2020/02/menjawab-pertanyaan-seputar-blogger-part-2.html
Algofixs_Pada kesempatan kali ini, saya ingin menjawab beberapa pertanyaan seputar "Blogger" yang saya ambil dari Question Hub. Sebuah program baru yang dibuat khusus untuk menampung pertanyaan-pertanyaan yang sampai detik ini belum terpecahkan di laboratorium Universitas Google.

Menurut saya, program tersebut sangatlah unik dan kreatif. Sebab, para blogger yang gabut mencari ide atau tema akan terbantu. Dari pada harus membahas sesuatu yang sudah-sudah, mending bantu mbah Google memecahkan masalah yang tidak terjawab, bukankah begitu?

Oke, tanpa basa-basi, berikut beberapa pertanyaan yang kami sajikan dengan format tanya jawab. Monggo disimak :

Soal : Apa yang kita lakukan apabila ada laporan penyalahgunaan di blogspot kita?

Setiap blog memiliki hak cipta. Maka dari itu, seorang blogger yang memiliki website diharuskan membuat sebuah halaman privacy policy dan disclaimer. Bahkan bagi anda yang mau mendaftarkan blognya ke Adsense diwajibkan membuat dua hal itu.

Kenapa 2 hal itu penting?
Misal, ada blog bal-abal yang menjiplak tulisan kita, maka kita bisa melaporkan ke pihak Google. Apabila nanti terbukti ada pelanggaran hak cipta, maka blog atau website tersebut akan di take down.

Soal : Untuk membuat blog di blogspot dibutuhkan Akun?

Kalau ini mah anak SD juga sudah tahu. Untuk membuat blog, ada satu akun yang harus anda buat, yaitu Gmail. Nah, setelah mendaftar Gmail, silahkan daftarkan diri anda ke Blogger. Tutorial selengkapnya bisa baca di sini : Cara Membuat Blog Gratis dan Mudah Untuk Pemula di Blogger

Soal : Cara atur css satu halaman saja di blogspot

Ada dua jawaban, kalau kamu ingin buat website berpenampilan satu halaman saja, maka carilah template Landing Page di Google. 

Dan apabila kami ingin membuat halaman di blog, terus kami ingin menambahkan custom CSS sesuai seleramu sendiri, maka masuklah ke mode HTML (Sebelah Compose) yang terletak di kiri atas pada halaman ketik. Kemudian masukkan kode CSS sesuai keinginan kami di antara tag <Style> sampai </Style>.

Soal: Apakah jika blogspot yg menggunakan domain TLD tetap menggunakan hosting dari Google?

Jawabannya sangatlah simpel. Saat kamu menggunakan hosting gratisan seperti Blogspot, kamu boleh mengganti alamatnya dengan TLD biar terkesan profesional. Tetapi jika kamu tidak mau modal, silahkan gunakan alamat yang bersubdomain blogspot atau bawaan dari sana.

Nah kalau kamu memakai layanan hosting berbayar seperti Domainesia, Niagahost, Rumahweb, dan lain-lain, maka wajib bagi kamu membeli domain TLD. Meskipun menggunakan hosting luar terkesan profesional, tetapi kamu juga harus memikirkan biaya bulanan atau tahunan untuk memperpanjang TLD dan Hosting websitemu.

Soal : Cara mengirim video Du recorder ke blogspot

  • Pertama login ke Blog anda
  • Kemudian buat artikel
  • Klik Icon berbentuk film (insert video)
  • Masukkan file video yang sudah kamu edit menggunakan Du Recorder
  • Kemudian Klik Upload

Soal : Cara memasang template buatan colorlib di Blogspot

Untuk template colorlib sendiri dikhsuskan untuk platform Wordpress. Jadi tidak bisa digunakan untuk blogspot.

Soal : Apakah domain blogspot.com diterima adsense?

Sangat bisa, yang penting kualitas konten, sama umur yang memadai.

Sial: Berapa lama sebuah blogspot dapat mendaftar Google Adsense?

Kalau menurut pengalaman, blog atau website sudah layak untuk didaftarkan ke Google Adsense apabila umurnya sudah 3 Bulan. Tetapi dari pihak sana sendiri menyatakan minimal 6 Bulan. Dan menurutku umur itu kurang penting, yang penting itu kualitas konten yang bisa kau sajikan dengan aduhay dan ashoy kepada pembaca setiamu.

Soal: Sebutkan keunggulan blogspot dari subdomain yang lain

Semua platform memang memiliki keunggulan masing-masing. Tetapi yang menjadi salah satu faktor penting untuk seseorang lebih memilih menggunakan platform blogspot adalah sistem keamanannya yang bagus.

Itulah jawaban-jawaban dari Pertanyaan Question Hub Seputar "Blogger" Part 2. Semoga bermanfaat.