ALGOFIXS

Tutorial Blogger

3 Hal yang Harus Kamu Ketahui untuk Menuju Sukses Sejak jadi Mahasiswa

https://algofixs.blogspot.com/2018/02/tips-untuk-persiapan-di-masa-depan-dari-perkuliahan.html

 Tips untuk Persiapan di Masa Depan dari Perkuliahan

1. Mencari relasi
2. Kenali dan asah kemampuan Anda
3. Pelajari pengetahuan lain yang penting, seperti
 - bisnis;
 - komputer dan internet;
 - bahasa Inggris dan bahasa asing populer lainnya;
 - keterampilan komunikasi.

Penjelasan:

Mencari relasi

Kalau Anda tidak mencari relasi pada saat Anda kuliah maka Anda akan rugi besar. Di sinilah beda Anda dengan para penganggur. Anda mempunyai peluang yang lebih besar untuk mendapatkan relasi sebanyak-banyaknya. Lalu apa gunanya relasi? Relasi berguna untuk kesuksesan Anda di masa depan. Bila Anda punya banyak relasi maka Anda akan lebih mudah dalam mendapatkan pekerjaan. Carilah relasi dari pihak teman Anda, dosen, asisten, karyawan universitas, fakultas, dan jurusan. Semakin banyak relasi semakin baik.

Contoh kasusnya begini, misalkan Anda berkenalan dengan salah satu petugas biro fakultas Anda. Kemudian pihak fakultas akan mencari seseorang untuk bekerja di bagian administrasi, maka Anda akan berpeluang ditawari bekerja oleh relasi Anda tersebut.

Salah satu senior saya ketika kuliah mempunyai relasi seorang profesor yang punya banyak proyek. Akibatnya ia ditawari oleh profesor tersebut untuk membantu menangani proyek yang didapatkannya. Ia menghasilkan uang dari sana dan juga mendapatkan pengalaman kerja, bukankah hal tersebut menyenangkan? Jika Anda punya banyak relasi dosen-dosen yang punya banyak proyek, maka Anda mempunyai peluang besar untuk ditawari bekerja pada proyek tersebut. Saya sendiri pernah mengikuti beberapa proyek dari lembaga penelitian di kampus saya. Itu karena beberapa kenalan saya.

Jika Anda punya relasi dengan dosen yang super sibuk dan punya banyak jam terbang dan dosen tersebut mengetahui kemampuan Anda di bidang yang ia ajar, maka Anda berpeluang juga dapat pekerjaan sebagai asistennya.

Itu dari segi pekerjaan dengan orang lain. Relasi dapat Anda gunakan untuk membuat suatu usaha setelah Anda tamat nantinya dari perkuliahan. Biasanya relasi untuk membuka usaha ini adalah teman-teman Anda. Jika Anda punya visi dan misi bisnis yang sama dengan teman Anda, maka Anda dapat melakukan joint dengan teman Anda tersebut untuk membuat suatu bisnis guna pencapaian finansial Anda di masa depan. Dengan membuka bisnis bersama relasi maka Anda tidak perlu mencari-cari pekerjaan, tapi malah Anda mencari orang untuk jadi pekerja Anda. Anda dapat membuat perusahaan kecil terlebih dahulu bersama satu atau beberapa relasi Anda. Membuat bisnis bersama teman atau relasi lain merupakan cara yang sangat mungkin Anda lakukan untuk kesuksesan Anda setelah tamat kuliah nanti.
  Jadi, carilah relasi sebanyak-banyaknya selagi Anda jadi mahasiswa untuk membantu kesuksesan karier atau bisnis Anda di masa datang.

Kenali dan asah kemampuan Anda

Setiap orang dapat mempunyai minimal satu keterampilan/kemampuan di mana dia sangat baik melakukan pekerjaan yang sesuai keterampilannya tersebut. Keterampilan atau kemampuan dapat diketahui dari minat Anda terhadap suatu kegiatan tertentu, pengalaman Anda ketika melakukan suatu pekerjaan tertentu dengan baik sekali, atau pengakuan dari orang lain terhadap kemampuan Anda dalam hal-hal tertentu.

Jika di kampus Anda sering ditawari untuk menjadi MC acara-acara kampus maka Anda mempunyai keterampilan atau kemampuan di bidang komunikasi atau public relation dan Anda dapat melamar pekerjaan di media televisi, radio, atau acara yang diselenggarakan event organizer.

Jika pada waktu jadi mahasiswa, Anda aktif menulis artikel dan buku maka Anda mempunyai keterampilan di bidang jurnalistik, analis, ataupun konsultan di bidang yang Anda tulis. Anda dapat menjadi jurnalis di media-media atau menjadi analis dan konsultan pada lembaga pemerintah atau swasta pada bidang-bidang yang Anda tulis.

Jika Anda berbakat serta dosen Anda memuji Anda dalam pengetahuan Anda tentang ekonomi dan analisisnya, maka Anda punya kemampuan di bidang tersebut dan Anda dapat bekerja di departemen perekonomian atau bekerja di lembaga pemerintah dan swasta sebagai analis ekonomi.

Asah selalu keterampilan atau kemampuan Anda agar Anda benar-benar menjadi ahli di bidang Anda sehingga seakan-akan Anda adalah orang nomor satu di bidang Anda tersebut sehingga akan membuat banyak orang menawarkan pekerjaan untuk Anda.

Jika Anda melamar pekerjaan setelah tamat kuliah nanti, maka Anda harus dapat menunjukkan kemampuan atau keahlian Anda di depan penguji. Anda harus berani mengungkapkan kemampuan dan nilai tambah (value added) Anda. Tunjukkan segera keterampilan Anda.
Tunjukkan keahlian Anda pada teman-teman Anda, pada dosen Anda, serta orang-orang lain yang bicara dengan Anda. Usahakan semua orang tahu keterampilan Anda, tapi ingat, jangan dengan cara sombong ketika Anda mengungkapkan kemampuan Anda, tapi dengan cara antusias dan rendah hati. Semakin banyak orang tahu kemampuan Anda maka semakin besar peluang kerja datang pada Anda.

Pelajari pengetahuan lain yang penting, seperti

- bisnis;
- komputer dan internet;
- bahasa Inggris dan bahasa asing populer lainnya;
- keterampilan komunikasi.

Bisnis

Orang yang tidak mengerti bagaimana berbisnis dengan orang yang mengerti bagaimana berbisnis akan menghasilkan profit/keuntungan yang berbeda. Jika antara dua orang tersebut melakukan bisnis yang sama, maka orang yang mempunyai pengetahuan tentang dunia bisnis akan lebih sukses dalam berbisnis jika dibandingkan dengan orang yang tidak tahu seluk beluk dunia bisnis. Maksudnya juga bahwa orang yang memiliki pengetahuan terhadap bisnis akan lebih cepat sukses.
Jika Anda adalah mahasiswa yang bukan dalam jurusan/bidang ekonomi dan tidak pernah mempelajari ekonomi dan bisnis maka Anda kalau bisa meluangkan waktu untuk membaca buku-buku yang berkaitan dengan dunia bisnis dan ekonomi serta menonton acara-acara yang berhubungan dengan dunia bisnis dan ekonomi.
Perlu Anda ketahui bahwa bisnis dapat mengatasi yang namanya pengangguran dan kemiskinan. Begitu banyak orang yang setelah tamat kuliah lalu menjadi penganggur dalam waktu yang cukup lama. Padahal jika orang tersebut tahu tentang dunia bisnis maka setelah tamat kuliah ia bisa langsung menjalankan suatu bisnis, jadi ia tidak pernah menjadi penganggur walaupun ia melakukan bisnis kecil. Apalagi jika pada waktu kuliah ia punya pengalaman dalam berbisnis. Dengan mengetahui dunia bisnis khususnya dan ekonomi pada umumnya maka Anda dapat langsung mempunyai suatu pekerjaan setelah tamat nantinya.
Saya sendiri punya pengalaman dalam bisnis pada waktu kuliah, seperti bisnis kerupuk cabe, pulsa, bisnis writing, translate, dan bisnis kecil lainnya. Dan saya hobi membaca buku dan majalah yang bertemakan ekonomi dan bisnis. Saya percaya dengan kekuatan bisnis untuk kesuksesan finansial saya di masa depan.

Komputer dan internet

Komputer telah membantu banyak perusahaan dan lembaga pemerintah dalam pengembangannya dari sisi teknologi dalam memperlancar kegiatan yang ada dalam suatu lembaga atau perusahaan tersebut. Dengan adanya komputer dan program-programnya dapat mempermudah pekerjaan bagi pemerintah dan swasta. Jadi, orang-orang yang ingin bekerja untuk pemerintah ataupun swasta maka perlu memiliki kemampuan di bidang komputer ini. Kemampuan komputer ini meliputi kemampuan pada hardware atau software. Kemampuan pada hardware berarti pekerjaan ini untuk orang-orang yang bekerja sebagai teknisi yang mengurus bagian-bagian luar komputer (perangkat keras atau hardware), sedangkan kemampuan pada software seperti pembuatan program, instalasi program, penggunaan software (mengoperasikan program) dan lainnya. Pengetikan dengan menggunakan microsoft office seperti word, excel, dan power point menjadi pekerjaan rutin bagi setiap perusahaan dan banyak penerimaan karyawan yang membutuhkan syarat kemampuan komputer microsoft office ini. Anda harus tahu minimal pengoperasian komputer seperti word, excel, dan power point. Sekarang ini juga banyak perusahaan yang membutuhkan orang-orang yang menguasai pengoperasian program-program yang lebih tinggi levelnya seperti autocad, coreldraw, photoshop, visual basic, dan lainnya di mana hal ini dapat Anda lihat pada lowongan-lowongan pekerjaan yang ada.

Selain kemampuan komputer di atas,  Anda perlu tahu tentang internet dan cara mengo-perasikannya, sebab perusahaan-perusahaan umumnya sudah menggunakan fasilitas internet di kantornya sebagai media komunikasi (e-mail), marketing, dan pencarian data. Jadi, dengan kemampuan internet maka Anda dapat membantu perusahaan.
Bahkan jika Anda mempunyai kemampuan di bidang komputer dan internet maka Anda dapat bekerja paruh waktu pada saat kuliah. Anda dapat bekerja di kedai rental komputer atau internet atau menjadi teknisi di suatu toko komputer.

Bahasa Inggris dan bahasa asing populer lainnya

Bahasa asing yang lazim sekarang ini adalah bahasa Inggris. Jika Anda perhatikan pada banyak lowongan pekerjaan, maka kemampuan bahasa Inggris menjadi syarat yang penting bagi penerimaan karyawan. Hal ini disebabkan karena perusahaan-perusahaan tersebut tentu tidak hanya berhubungan dengan orang-orang dalam negeri saja. Perusahaan mempunyai relasi dan juga konsumen dari luar negeri karena banyak pihak luar negeri yang terlibat dalam perusahaan-perusahaan di Indonesia. Banyak perusahaan yang mempunyai investor (penanam modal) dari luar negeri. Jadi, karyawan pun harus mampu minimal dalam berbahasa Inggris.  Ada juga perusahaan yang meminta kemampuan karyawan dalam bahasa mandarin dan bahasa lainnya.

Salah satu alasan perusahaan menuntut karyawan mempunyai kemampuan bahasa asing adalah karena faktor bahan baku dari luar negeri. Untuk memenuhi bahan baku dari luar negeri maka perlu koneksi relasi dari orang luar negeri tersebut yang menggunakan bahasa asing, minimal bahasa Inggris. Jadi, karyawan perlu tahu bahasa asing untuk menunjang perkembangan perusahaan.
Apalagi jika era globalisasi dan perdagangan bebas maka orang-orang luar negeri bisa bebas masuk tanpa paspor dan melakukan bisnis atau bekerja di dalam negeri ini. Hal ini akan mengancam orang-orang yang tidak bisa berbahasa Inggris untuk berkarier atau berbisnis, atau orang luar negeri tersebut mengancam kesempatan kerja Anda.
Kuasailah bahasa asing, terutama bahasa Inggris karena memang itulah kenyataan yang harus dihadapi. Kita memang memerlukan pihak-pihak luar negeri karena kita adalah negara sedang berkembang di mana membutuhkan banyak pihak asing.

Keterampilan komunikasi

Dalam dunia kerja dan bisnis, kemampuan komunikasi sangat dibutuhkan. Maksud dari kemampuan komunikasi ini seperti kemampuan bicara dengan lawan bicara atau relasi kerja/bisnis yang sebelumnya tidak Anda kenal, berbicara dengan atasan serta orang-orang yang akan menunjang kerja atau bisnis Anda. Kemampuan komunikasi dengan para investor dan kemampuan presentasi dan komunikasi dengan konsumen atau calon konsumen juga perlu dipelajari.
Apa yang terjadi jika Anda malu-malu berbicara dengan calon konsumen Anda? Malu bicara dengan rekan kerja/relasi bisnis Anda? Orang tersebut akan kesulitan bila harus bertemu dengan Anda dan mereka tentunya kecewa dengan Anda. Begitu juga saat rapat, jika Anda punya ide brilian, tapi tidak bisa mempresentasikannya dengan baik dan benar maka sia-sia saja ide Anda tersebut. Jadi, seharusnya Anda bisa mendapat promosi karena ide Anda tersebut, tapi karena tidak bisa mempresentasikannya maka Anda tidak jadi mendapatkannya. Karena itu, kemampuan komunikasi sangat perlu.
Anda harus punya kemampuan komunikasi untuk menyampaikan ide-ide Anda, kelebihan, dan keterampilan Anda. Dengan kemampuan komunikasi Anda yang bagus maka orang akan tahu kredibilitas Anda, tapi jika Anda terlalu pemalu maka orang-orang tidak akan mengenali kelebihan dan keterampilan Anda dan hal ini jelas akan memperlambat kesuksesan Anda.
Anda harus mempunyai kemampuan komunikasi yang efektif dan efisien. Kemampuan dalam menjelaskan sesuatu agar orang mengerti dan menarik bagi orang yang mendengarkannya.
Dalam dunia bisnis dan kerja, kemampuan komunikasi sangat diperlukan untuk memperlancar kesuksesan Anda.

0 Comments